PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI GURU TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KECAMATAN NANGA PINOH KABUPATEN MELAWI KALIMANTAN BARAT

Oleh

DEKI WIBOWO, M.Pd

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Se-Kecamatan Nanga Pinoh yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap layanan Pendidikan, seberapa besar pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Layanan Pendidikan maupun seberapa besar pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi guru terhadap layanan pendidikan secara simultan.

Hipotesis penelitian yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh langsung positip Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Layanan Pendidikan, (2) terdapat pengaruh langsung positp motivasi berprestasi guru terhadap layanan pendidikan, (3) terdapat pengaruh langsung positip Gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif melalui survey dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Pengolhan data dengan ternik deskriftif analisis.

Populasi dalam penelitian adalah guru-guru SMA Se-Kecamatan Nanga Pinoh sebanyak 145 orang dari 7 Sekolah Menengah Atas, secara focus dipilih 3 SMA sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel 58 orang guru produktif.

Instrument yang digunakan untuk menjaring data variable Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Guru dan Layanan Pendidikan adalah angket model skala likert. Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji coba instrument terhadap 30 orang guru. Keterandalan instrument di hitung dengan metode Alpha Cronbach, dengan hasil uji coba untuk variable tersebut yaitu (a) layanan Pendidikan telah diperoleh nilai reliability r = 0,827, (b) Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki nilai reliabilitas r = 0,924 dan Motivasi berprestasi Guru memiliki nilai reliabilitas r = 0,917 sehingga dapat disimpulkan bahwa seluruh instrument dinyatakan sangat reliable, kemudian data di analisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: pertama, terdapat pengaruh langsung dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap layanan Pendidikan (X3) dengan persamaan regresi terlihat,   X3= 60,7099+0,2216 X1, koefisien determinasi sebesar 0,2497 atau 24,97%, dan koefisien korelasi (r 13 ) sebesar 0,499 pada taraf α = 0,05, kedua   terdapat pengaruh langsung dan signifikan Motivasi Berprestasi Guru (X2) terhadap Layanan Pendidikan (X3)  dengan persamaan regresi terlihat  X3= 12478,1073+0,529X2,  koefisien determinasi sebesar 0,23338 atau 23,338%, dan koefisien korelasi (r ) sebesar 0,4831 pada taraf α = 0,05, ketiga terdapat pengaruh langsung dan signifikan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) terhadap Motivasi Berprestasi Guru (X2) dengan persamaan regresi terlihat X2 = 14,006 + 0,632X1 koefisien determinasi sebesar 0,9920 atau 99,20% dan koefisien korelasi (r) sebesar 0,996 pada taraf α = 0,05.

Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kualitas Layanan Pendidikan untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Melalui konstribusi yang sangat besar terhaap model Gaya Kepemimpinan yaitu pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru yang berada di lingkungan tempat bekerja yaitu lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisis bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menciptakan Layanan Pendidikan yang baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kualitas Layanan Pendidikan untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Melalui konstribusi yang sangat besar terhaap model Gaya Kepemimpinan yaitu pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru yang berada di lingkungan tempat bekerja yaitu lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisis bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menciptakan Layanan Pendidikan yang baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya. Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kualitas Layanan Pendidikan untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Melalui konstribusi yang sangat besar terhaap model Gaya Kepemimpinan yaitu pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru yang berada di lingkungan tempat bekerja yaitu lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisis bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menciptakan Layanan Pendidikan yang baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.koefisien determinasi sebesar 0,9920 atau 99,20% dan koefisien korelasi (r 23 ) sebesar 0,996 pada taraf α = 0,05.

Hasil penelitian ini diharapkan akan berguna bagi peningkatan kualitas Layanan Pendidikan untuk keberhasilan bagi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru. Melalui konstribusi yang sangat besar terhaap model Gaya Kepemimpinan yaitu pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru yang berada di lingkungan tempat bekerja yaitu lingkungan sekolah. Berdasarkan realita yang penulis analisis bahwa disarankan kepada kepala sekolah agar dapat menciptakan Layanan Pendidikan yang baik dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya.

DAFTAR PUSTAKA 

Arno. F. Wittig, 1988. Theory and Problems of Introduction to Psychology (New York :McGraw Hill Co).

Bambang Tri Cahyono. 1996. ManajemenSumberDayaManusia.Jakarta :BadanPenerbit IPWI.

Covey, Stephen R. the 8th Habit From Effectiveness to Greatness. London: Simon & Schuster UK Ltd.

Depdiknas. 2003. Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentangSisdiknas.Jakarta :Depdiknas.

DadangSuhardan. 2010. SupervisiProfesionalLayanandalamMeningkatkanMutuPengajaran di Era    Otonomidaerah.Bandung : ALFABETA.

DannSugandha. 1991. AdministrasiStrategik,TaktikdanTeknikPenciptaanEfisiensi. Jakarta :Intermedia.

DepartemenPendidikanNasional. 2005. PedomanAdministrasiSekolahMenegahPertama.Jakarta : BP. Dharma Bhakti.

Edward Sallis. 2010. Total Quality Management in Education ManajemenMutuPendidikan.Terjemahan Dr. Ahmad Ali Riyadi.Edisike Sembilan.Jogjakarta :IRCiSod.

Hamzah B. Uno.2009. TeoriMotivasidanPengukurannya.Jakarta :BumiAksara.

H.A.R. Tilaar. 2004. ParadigmaBaruPendidikanNasional.Jakarta : PT RinekaCipta.

Haryono S. 2006. KepemimpinanPeran Serta danProduktivitas.Bandung :MandarMaju.

J Arnold Hugh and Daniel C. Feldman. 1997. Organizational Behavior. New York :McGrawHill Book Company.

Jerome S. Arcaro. 2007. Quality in Education An Implementation Handbook. TerjemahanYosalIriantara. EdisikeEmpat.Jogjakarta : PUSTAKA PELAJAR.

James J. Cribbin.KepemimpinanMengefektifkanStrategiOrganisasi. TerjemahanNy. RochmulyatiHamzah. Jakarta : PT. PustakaBinamanPressindo, 1990.

J. Salusa, 1996. PengambilanKeputusanStratejikuntukOrganisasiPublikdanOrganisasi Nonprofit, Jakarta : PT GramediaWidiasarana Indonesia.

Kertonegoro. 1994.ManajemenOrganisasi. Jakarta :Widya Press.

Kunandar.2009.  Guru ProfesionalImplementasikurikulum Tingkat SatuanPendidikan (KTSP) danSuksesdalamSertifikasi Guru.Jakarta : PT RajaGrafindoPersada. 

Laurance Frederic Sfafter and Edward Joseph Shoben, Jr. 1956.The Psychology of Adjusment.Boston : Mifflin Co. 

MiftahThoha. 2010. KepemimpinandalamManajemen.Jakarta : PT RajaGrafindoPersada. 

Muhammad syafii Antonio. 2007.  Muhammad SAW The Super Leader Super Manager. Jakarta :Tazkia Multimedia danProLM Centre. 

Mulyono.2008. ManajemenAdministrasidanOrganisasiPendidikan.Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA. 

Nana Sutisna. 1993. AdministrasiPendidikan :DasarTeoritisdanPraktekProfesional.Bandung :Angkasa. 

Riduwan.2005. BelajarMudahPenelitianuntuk guru – karyawandanpenelitipemula.Bandung :Alfabeta. 

Rusman. 2009. ManajemenKurikulum. Jakarta :Rajawali Pers.

Rusman. 2009. ManajemenKurikulum.Jakarta : PT RajaGrafindoPersada. 

SantosaMurwani. 1999. StatistikaTerapan. Jakarta :PascasarjanaUniversitasNegeri Jakarta. 

SantosaMurwani. 2005. Model Proposal PnelitianSurveiKausal. Jakarta : Program PascaSarjanaUniversitasMuhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 

SyaifulSagala. 2009. ManajemenStrategikDalamPeningkatanMutuPendidikan. Bandung : ALFABETA. 

Sopiah. 2008.PerilakuOrganisasional.Yogjakarta : CV ANDI. 

Stephen P. Robbins. 2008. PrilakuOrganisasi. Jakarta : PT Indeks. 

Sondang P. Siagian. 2002.KiatMeningkatkanProduktivitasKerja. Jakarta :RinekaCipta. 

Stephen P. Robbins. 1986. Organizational Behavior, (New Jersey: Printice Hall Cliffs). 

Sugiyono.2005. MetodePenelitianadministrasi.Bandung :Alfabeta. 

Sudjana. 1992. MetodeStatistika.Bandung :Tarsito.

Sudjana. 1992. TeknikAnalisisRegresiKorelasi. Bandung :Tarsito. 

Tim DosenAdministrasiPendidikan UPI. 2009. ManajemenPendidikan. Bandung : ALFABETA. 

Thomas L. Good and Jere E. Brophy. 1990. Educational Psychology. A Realistic Approach (New York: Longman). 

Undang-Undang BHP (BadanHukumPendidikan).Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 9 Tahun 2009 tentangBadanHukumPendidikan.Yogyakarta :PustakaYustisia. 

VeithzalRivaidanDeddyMulyadi. 2009. KepemimpinandanPrilakuorganisasi.EdisiKetiga. Jakarta : PT RajaGrafindoPersada. 

Wirawan. 2002. KapitaSelekta. TeoriKepemimpinan. PengantaruntukPraktekdanPenelitian.Jilid 2.Jakarta :Uhamaka Press danYayasanBangun Indonesia. 

Wahjosumidjo. 1997. Kepemimpinan. Jakarta :PusatPendidikandanLatihanPegawaiDepdikbud. 

W.S. Winkel. 1996.  PsikologiPengajaran. Jakarta :Grafindo. 

WahyoSumidjo. 1992. KepemimpinandanMotivasi.Jakarta :Ghalia Indonesia.

 

 

 



About these ads

Satu Tanggapan

  1. [...] PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI BERPRESTASI … // Informasi Terkait :Kunci Jawaban UN Ditawarkan Rp 1 Juta Kunci Jawaban UN Ditawarkan Rp 1 Juta BANDUNG (Pos Kota) – Sekitar 366 ribu siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah …Galang Dana Beli Kunci Jawaban Galang Dana Beli Kunci Jawaban NGAWI | SURYA – Berbeda dengan kegiatan siswa di Tuban yang menyambut pelaksanaan Ujian Nas…Sepuluh Tahun, 24 Kepala Daerah di Jawa Tengah Tersangkut Kasus Korupsi Sepuluh Tahun, 24 Kepala Daerah di Jawa Tengah Tersangkut Kasus Korupsi Selama sepuluh tahun terakhir, sejak tahun 2000 hi… [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: