DAMPAK FACE BOOK TERHADAP PERILAKU MANUSIA

Oleh: Yakobus Ason,S.Pd,  M.Pd

Akhir-akhir ini  facebook sedang menjadi primadona bagi penggemar dunia maya tersebut. Di mana-mana orang membicarakan mengenai facebook serta teman-teman fecebook mereka, mulai dari kalangan anak-anak, pelajar, remaja maupun orang dewasa bahkan sampai kepada orang tua. Singkat kata, jaringan social bernama facebook tersebut  sangat digemari dan disenangi banyak orang terutama kalangan remaja dan anak-anak. Facebook sedang menjadi trend saat ini dan pengaruhnya pun sangat besar pula terhadap perubahan perilaku manusia. Penggemar facebook kadang kala lupa waktu, kuat berjam-jam di depan komputer dan sulit untuk menyetop begitu saja.

Kalau kita amati  di kantor-kantor pemerintahan ataupun instansi lainya dijumpai pegawai yang tekun duduk di depan komputer dari pagi sampai siang menjelang pulang. Terhadap mereka ini ada tiga kemungikinan yang mereka lakukan yakni mengerjakan tugas dan tanggung jawab mereka, bermain game atau ber-facebook ria untuk mengisi waktu dan mengusir kejenuhan dan kebosanan. Ber-facebook, selain mengasyikkan dan  menghilangkan kejenuhan, juga membut orang lupa waktu.

Mengamati perilaku orang yang pertama kali mengenal facebook, ada semacam kebanggaan  dalam diri mereka ketika bisa ber-catting ria serta memiliki  banyak teman atau sahabat dalam facebooknya. Mereka bisa bercerita kepada teman-teman terutama yang belum memiliki jaringan dunia maya tersebut mengenai pengalaman ber-facebook ria dengan teman-teman baru mereka dari segala penjuru dunia. Bagi mereka yang mendengarnya tentu menjadi tertarik, sehingga terdorong untuk membuat jaringan sendiri agar bisa berkomunikasi langsung dengan teman-teman lewat facebook .

Melalui facebook  banyak hal yang bisa dilakukan orang mulai dari sekedar curhat, berbagi cerita, berbagi ide, gagasan sampai pada promosi, tawaran barang maupun jasa dan sebagainya. Karena begitu banyak hal yang dapat diakses melalui dunia maya ini, maka orang yang sudah terlanjur memasuki dunia facebook, menjadi kecanduan facebook dan  mulai lupa diri. Jika sudah demikian biasanya orang mudah terbius oleh tipuan maupun rayuan gombal lawan cetingnya.

Facebook sebenarnya merupakan salah satu sarana komunikasi yang baik yang bisa dimanfaatkan dengan baik pula untuk hal-hal yang positif. Lewat facebook orang bisa berkomunikasi dengan bahasa tulisan secara bebas  dan kreatif serta bisa mengakses informasi seluas-luasnya. Lewat dunia maya tersebut orang bisa menyampaikan berbagai hal baik berupa ide, gagasan, maupun informasi yang baik, positif dan bermutu.

Pemanfaatan facebook sebagai sarana komunikasi merupakan  salah satu kemajuan bidang informasi dan teknologi (IT) yang sangat besar manfaatnya serta pengaruhnya terhadap perkembangan perilaku, hidup, wawasan dan  pengetahuan manusia.

Namun, sarana yang baik dan bersifat neteral tersebut ternyata belum tentu dimanfaatkan dengan baik pula untuk hal-hal yang baik dan positif. Kenyataan menujukkan bahwa ada banyak orang yang memanfaatkan sarana komunikasi tersebut untuk hal-hal yang negatif, tidak baik dan bahkan tercela, seperti pelecehan, penipuan, pemerasan dan kejahatan lainya . Beberapa kasus diantaranya  facebook dimanfaatkan untuk bisnis prostitusi, penipuan berkedok jaringan bisnis multi level, dan sebagainya.

Facebook sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku kehidupan masyarakat kita. Tanpa disadari  banyak hal yang terjadi pada sikap, perilaku dan perkembangan anak sebagai akibat dari pengaruh face book tersebut. Sebagai orang tua kita tidak perlu melarang putra-putri kita mengenal dunia maya tersebut, melainkan  mengawasi dan mengarahkan  mereka untuk lebih selektif dalam mengakses informasi yang berguna bagi pendidikan dan perkembangan mereka.

Penulis adalah Dosen STKIP Melawi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: