UPAYA MENINGKATKAN KESEGARAN JASMANI BAGI IBU HAMIL DENGAN MELAKUKAN SENAM HAMIL

Oleh

Sri Wahyu Indawati, S.Pd

Kesegaran jasmani adalah keadaan atau kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas atau kegiatan sehari-hari dengan mudah dan tidak mengalami kelelahan yang berarti serta masih mempunyai sisa atau cadangan tenaga untuk menikmati waktu senggangnya untuk melakukan aktifitas lainnya. Sadoso (1989:9).

Kehamilan (Graviditas), yaitu suatu rangkaian peristiwa yang dimulai dengan konsepsi  (pembuahan) antara sperma dan sel telur yang terjadi di dalam atau di luar rahim, dan berakhir dengan persalinan (dr.Ahmad Isa & Anita Hairunnisa, 2008:27).

Gerakan senam hamil pada umumnya merupakan gerakan relaksasi. Menurut Ervin Indarti, fisioterapis RSI Jemursari Surabaya, senam hamil bermanfaat untuk mempermudah proses kelahiran, mengurangi rasa sakit pada melahirkan, serta memperkuat otot-otot dasar panggul dan dinding perut ibu dalam memperlancar proses kelahiran (Tim Redaksi, 2009:15). Senam hamil adalah latihan-latihan olahraga bagi ibu hamil yang bertujuan untuk penguatan otot-otot kaki, mencegah varises, dan memperpanjang napas. Senam hamil mengajak ibu untuk berlatih agar napasnya lebih panjang dan tetap rileks.

Masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah aktivitas olahraga ringan dan nonkompetitif dengan melakukan senam hamil dapat meningkatkan kesegaran jasmani ibu hamil?, (2) Seberapa besar peningkatan tingkat kesegaran jasmani ibu hamil melalui aktivitas olahraga ringan dan nonkompetitif  setelah melakukan senam hamil?

Berdasarkan permasalahan yang ada, maka yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1)Mengetahui peningkatan kesegaran jasmani ibu hamil melalui aktivitas ringan dan nonkompetitif dengan melakukan senam hamil. (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kesegaran jasmani ibu hamil melalui aktivitas ringan dan nonkompetitif setelah melakukan senam hamil.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan, peneliti dapat mencermati suatu obyek dalam hal ini ibu hamil, menggunakan aktivitas olahraga ringan dan nonkompetitif yang dilakukan ketika hamil dengan melakukan senam hamil untuk meningkatkan kesegaran jasmani ibu hamil. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Studi Kasus yaitu mengadakan penelitian terhadap satu kasus secara intensif dan mendalam, maka subjek penelitian ini adalah seorang ibu hamil bernama Ibu Lina (nama samaran) berumur 22 tahun. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ialah observasi langsung, yaitu dimana peneliti mengamati langsung jalannya penelitian, dan juga peneliti terlibat langsung di dalam jalannya penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran jasmani Ibu Lina adalah sangat baik. Peningkatan IMT sebesar 2 Kg dalam 1 bulan sesuai dengan area hijau (IMT 20-25) dan Laju Denyut Jantung/Nadi sebelum melakukan senam 110/menit mengalami peningkatan hingga mencapai 140/menit dari total denyut jantung antara 135-150/menit untuk wanita hamil antara usia 20-29 tahun. Ibu dapat melakukan aktivitasnya tanpa mengalami kelelahan. Persis seperti cara pengaturan nafas selama senam hamil, hasilnya Ibu Lina bisa mengatasi rasa sakit yang teramat sangat dengan baik dan proses pengeluaran anak menjadi tidak terlalu sulit serta ibu tidak mengalami kehabisan tenaga saat proses persalinan berlangsung. faktor gizi juga mempengaruhi kesehatan dan kebugaran Ibu Lina serta kesehatan janin / bayinya.

 

 DAFTAR PUSTAKA

Agusneti, Renvilia dan Hendrik Linggarjati. 2009. Senam Hamil Praktis. Yogyakarta : Media Pressindo.

Departemen Kesehatan RI. 2007. Buku Kesehatan Ibu dan Anak. Jakarta : Departemen Kesehatan dan JICA ( Japan International Cooperation Agency ).

Isa, Ahmad dan Anita hairunnisa. 2008. Ensiklopedi Kehamilan Panduan Lengkap Hamil Sehat. Yogyakarta : Familia.

Margono, S. 2009. Metodolgi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Maulina, Heni. 2009. Identifikasi Gerakan-gerakan Senam Kesegaran Jasmani Tahun 2000 dan Tahun 2004 ( Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji )”. Malang : Skripsi PJKR IKIP Budi Utomo.

Narbuko, Cholid danAbu Achmadi. 2007. Cetakan Kedelapan. “Metodologi Penelitian”. Jakarta : Bumi Aksara.

Riyanti, Siska. 2009. “Upaya Meningkatkan Mutu Kesegaran Jasmani melalui Pendekatan Bermain dan Minat Dalam Memodifikasi Permainan Bola Kaki ( Sepak Bola ) Pada Siswa putra kelas VII A dan B SMP TRI BHAKTI Tegaldlimo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2009”. Malang : Skripsi PJKR IKIP Budi Utomo.

Rudianto. 2009. Upaya Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Permainan Bentengan Pada Siswa kelas XI SMA Islam Haruniyah Pontianak Tahun Pelajaran 2009/2010”. Malang : Skripsi PJKR IKIP Budi Utomo.

Sulipan. ______. Penelitian Tindakan ( Action Research ). Google : Sulipan@yahoo.com.

Thorn, Gill. 2003. Kehamilan Sehat ( Panduan Praktis Diet, Olahraga, dan Relaksasi Bagi Ibu Hamil ). Jakarta : Erlangga.

Tim Redaksi. 2009. Olahraga Bagi Ibu Hamil dan Menyusui. Yogyakarta : Bayu Media.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: